Rabu, 30 Mei 2012

sejarah klub tottenham hotspur

Newcastle United F.C.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Newcastle United
Logo Newcastle United
Nama lengkap Newcastle United Football Club
Julukan The Magpies, The Toon
Didirikan 9 Desember 1892 (119 tahun lalu)
sebagai Newcastle United [1]
Stadion St James' Park, Newcastle upon Tyne
(Kapasitas: 52,381[2])
Pemilik Mike Ashley
Managing Director Derek Llambias
Manajer Alan Pardew
Liga Liga Utama Inggris
Posisi 2011–12 Liga Utama Inggris, ke-5
Situs web Situs web resmi klub

Kostum kandang
Kostum tandang
Kostum ketiga
Soccerball current event.svg Musim ini
Newcastle United Football Club adalah sebuah klub sepak bola Inggris yang didirikan pada tahun 1881. Bermarkas di Newcastle upon Tyne, Inggris. Pada musim 2006/07 bermain di Liga Premier Inggris. Mereka sempat terdegradasi, namun berhasil kembali promosi ke Liga Primer Inggris di musim 2010-2011. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Stadion St James' Park yang berkapasitas 52.387 penonton. Seragam mereka berwarna hitam-putih

Daftar isi

Sejarah

Sejarah panjang Newcastle United dimulai dengan perseturuan antara dua klub yaitu Newcastle East End dan Newcastle West End.
Perseturuan ini diakhiri pada tahun 1892 ketika Newcastle East End yang pada saat itu adalah klub yang paling dominan di antara keduanya, dan klub Newcastle West End sebaliknya sedang mengalami krisis finansial. Akhirnya kedua kubu sepakat untuk menggabungkan diri dan membentuk satu klub yang lebih solid dengan nama Newcastle United.
Keduanya memilih stadion St James' Park sebagai markas klub baru tersebut dan mengganti seragam yang pada awalnya berwarna merah dan putih menjadi garis hitam putih. Klub baru tersebut terpilih untuk masuk ke dalam Liga Sepak Bola pada tahun 1893, dan pada tahun-tahun selanjutnya Newcastle United menjadi bahan pembicaraan di berbagai media masa di Inggris pada waktu itu.
Tepat seratus tahun kemudian, pada tahun 1993, Newcastle United berhasil mendapatkan promosi untuk masuk ke Divisi Utama Liga Inggris yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan nama "English Premier League".

Pemain Legendaris

Prestasi

Referensi

Pranala luar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar