Rabu, 30 Mei 2012

sejarah klub everton

Sejarah Singkat Berdirinya Everton FC dan Liverpool FC


Everton FC adalah sebuah klub sepakbola yang berasal dari kota Liverpool di Inggris. Awalnya klub ini merupakan klub sepakbola gereja methodist St.Domingo's yang terbentuk pada tahun 1878 dengan nama St.Domingo's FC.

Setahun kemudian berganti nama menjadi Everton FC karena penduduk lokal (Everton) diluar gereja juga ingin berpartisipasi dalam tim.

Selanjutnya pada tahun 1884 Everton menggunakan stadion Anfield sebagai Home Base  hingga tahun 1891. Ketika Everton FC menolak untuk meneruskan sewa stadion Anfield karena harga sewanya meningkat dan akhirnya Everton FC angkat kaki dari stadion Anfield lalu pindah ke lapangan baru yang kini menjadi stadion Goodison Park.

Sepeninggalan Anfield oleh Everton FC tuan tanah Anfield John Houlding berinisiatif untuk membentuk klub baru dengan nama "Everton FC and Athletic Grounds Ltd" tetapi nama tersebut ditolak oleh FA (Federasi sepakbola Inggris) karena nama tersebut sudah ada yg menggunakannya (Everton FC).

Pada bulan juni 1892 akhirnya Everton FC and Athletic Grounds Ltd berubah nama menjadi Liverpool FC yang kini kita kenal identik dengan warna merah.


Everton FC dan Liverpool FC kini bermain pada top level liga inggris, sudah ratusan kali kedua tim bertemu dalam laga hangat Merseyside Derby.

                                Anfield (kiri) dan Goodison Park (kanan)

Jarak antara stadion Goodison Park dan Anfield hanya sekitar 1 km. kedua stadion tersebut dipisahkan oleh Stanley Park sebuah taman yang terletak diantara dua stadion di kota Liverpool itu.

Everton FC sudah 9 kali menjuarai kompetisi liga inggris/First Division (sebelum era Premier League), 5 kali juara FA Cup, 9 kali Charity/Community Shield dan 1 kali European Cup Winners' Cup. Sedangkan Liverpool FC 18 kali.menjuarai kompetisi liga inggris/First Division (sebelum era Premier League), 7 kali juara FA Cup, 7 kali League Cup, 15 kali Charity/Community Shield, 5 kali European Cup/Champions League, 3 kali UEFA Cup dan 3 kali UEFA Super Cup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar